Ulasan Film: No Mercy

1.jpg

dari IMDB

Film asal Korea Selatan ini judul aslinya Yongseoneun Eupda. Dirilis tahun 2010 dan bergenre thriller. To the point aja ya, film ini bagus banget banget! Gue ngomongin bagus di level yang setara dengan Se7en nya Brad Pitt. Bedanya itu kan ada Brad Pitt nya, nah ini tuh ngga disangka-sangka. Ekspektasi gue pas mulai nonton biasa-biasa aja. Justru itu nilai plusnya, kaya nemu berlian di jalan! Haha.

Sekilas info dulu ya, gue itu ngga suka banyak hal yang berbau Korea. Musik dan boyband-nya (girlband suka soalnya bisa cuci mata hahahahaha), film dramanya, wajah-wajah penduduknya yang kebanyakan di operasi plastik. Biar imbang, ada juga hal-hal yang gue suka dari Korea. Kalau denger bahasanya sih gue lumayan suka, film komedinya juga gue suka, komik strip nya juga lucu.

Belakangan gue juga suka sama film Korea yang genrenya bukan drama. Mungkin gue uda pernah tulis di artikel sebelumnya, kalau gue ngga suka drama. Genre film gue adalah horror, komedi, science fiction, action, gore atau thriller. Dua minggu terakhir, gue nemu film-film korea bergenre thriller yang bagus. Dari situ gue mulai gali-gali lagi dan ketemu beberapa judul lainnya. Sampai hari ini gue memutuskan untuk nonton No Mercy. Reaksi gue sama Uci abis nonton film itu:

“Gilaaak, gilaaaak! Bisa begini ini film”

Pokoknya kata “Gilak” itu keucap terus-terusan sampe sekitar 10 menit abis film selesai. Lebay abis.

2.jpg

adegan otopsi

Filmnya

Bercerita tentang penemuan tubuh perempuan di tepi danau yang membuat geger satuan kepolisian di kota tersebut. Para detektifnya langsung bekerja mencari pelaku. Setelah beberapa petunjuk, didapatlah satu terduga yang kemudian ditangkap. Otopsi korban juga melibatkan seorang professor forensik senior yang sudah terkenal di kalangan polisi. Ketika petunjuk mulai bertambah dan mengarah pada terduga tersebut, hal yang tidak disangka muncul dan membawa kasusnya semakin rumit dan membingungkan.

Biar ngga spoiler, gue sampe situ aja ceritanya. Akting paling bagus gue kasih ke penjahatnya. Tampangnya ngeselin tapi justru dengan gue jadi kesel banget berarti dia berhasil sebagai aktor. Akting pemeran lain sih biasa aja menurut gue. Tepuk tangan paling kenceng gue sih buat yang nulis cerita ya. Seumur-umur gue sering nonton film dengan twist dan skenario yang ngga ketebak, tapi tetep aja kaget dengan jalan cerita film ini. Menurut gue film ini artsy (berseni) juga.

Buat yang ngga suka film gore, ini bukan termasuk gore kok menurut gue. Mungkin di awal akan melihat otopsi aja, tapi itu doang kok. Jadi lo bisa lanjutin nontonnya.

Dari segi musik sih gue ngga merasa ada yang spesial. Sinematografi juga so-so, bikin kita gampang ngerti, tapi ya ngga spesial juga. Sekali lagi, jadi murni nilai hebatnya film ini tuh karena jalan ceritanya. Korea mungkin uda jago banget bikin film drama ya, jadi film action, horror, apapun bisa dikasih drama dan tetep ngga berkurang unsur action, horror atau genre aslinya tersebut.

Kesimpulannya, film ini gue taro kategori wajib tonton!

No Mercy (Yongseuoneun Eupda)
Tahun: 2010
Genre: Thriller
Asal: Korea
Akting: 7.5 (penjahatnya 8.5, lainnya 7)
Musik: 6
Sinematografi: 7
Cerita: 9

Tinggalkan Balasan

