Bermalam Di Alam Kota Stockholm

1.jpeg

Danau Söderbysjon. Foto oleh Suci Layung Sari

Dalam dunia wisata, kata “alam” dan “kota” jarang muncul berdampingan, karena biasanya didalam kota tidak ada alam, pun di alam tiada kota. Tapi di Stockholm, bahkan kotanya punya banyak area hutan. Namun jika melihat Swedia yang 97% nya adalah alam (danau, gunung atau hutan) yang tidak dihuni [1], hal ini tidak mengherankan. Baca lebih lanjut

Iklan

Kita Semua Adalah Duta

JG5B0179.jpg

Indonesia dan Swedia. (Dok KBRI-Ignatius Hari)

Pada kamus gue, seorang duta itu seseorang yang membawa suatu nilai untuk diperlihatkan dan dipromosikan kepada khalayak umum. Duta pariwisata itu orang yang mempromosikan pariwisata. Duta besar suatu negara membawa bendera negara tersebut. Duta Sari Roti pengen membuat Sari Roti dikenal diseluruh dunia. Tapi, kalau tidak secara khusus dilantik sebagai duta, apa kita tidak bisa membawa nilai-nilai untuk diperlihatkan? Baca lebih lanjut

Saman dan Pasar Malam

abang nari saman

abang nari saman

Oke pasar malamnya sebenarnya ngga malam. Tapi mulai jam 12 siang dan selesai jam 4 sore. Ah tapi seperti orang bijak bilang, apalah arti sebuah waktu. Pasar Malam Indonesia ini adalah acara tahunan yang digelar oleh komunitas Swedish Indonesian Society (SIS), yaitu komunitas gabungan orang Indonesia dan orang Swedia. Biasanya anggotanya orang Swedia yang berkeluarga dengan orang Indonesia. Baca lebih lanjut

Kampus baru abang

Ada kata pepatah, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Jaman sekarang, jangankan ilmu, semua hal ada di Cina. Tiruan iphone yang sukses, beras plastik, wah banyak deh. Saking banyaknya mungkin orang udah lupa kalau mereka punya Great Wall (tembok besar). Nah tapi kalau soal inovasi dan terobosan, Swedia itu jagonya. Ini salah satu alasan gue mau kuliah di Swedia, tepatnya di Stockholm, tepatnya lagi kampus Kungliga Tehniska Hogskolan (KTH)

Baca lebih lanjut